Kamis, 02 Februari 2012

UTS Arsitektur Organisasi Komputer (Teori)

1.  Penjelasan struktur komputer :
Northbridge chipset:
Fungsi Northbridge adalah menjembatani arus data di sekitar main Memory, Processor, Front Side Busdan AGP Bus juga mengatur kerja power management.
Data yang tersimpan di RAM jika di ambil oleh register untuk di proses, maka alurnya adalah melalui northbridge chipset terlebih dahulu(aliran secara hardware) sehingga proses lebih cepat karena tidak akan menggangu inputan yg lain/southbridge chipset, begitu juga dengan slot agp,pci.
southbridge chipset:
Fungsi Southbridge chipset : mengatur kerja peripheral-peripheral semacam IDE Controller, PCI Bus, ROM Bios, Keyboard & Mouse, USB, Eth. LAN, Modem dan fungsi I/O lainnya.
saat ada inputan data yaitu dari input device ( keyboard, Flashdisk, atau yg lainnya) maka southbridge akan mengatur  aliran data secara hardwarenya dari super I/O akan menuju southbridge I/O controler. Kemudian dari south bridge controler akan di teruskan ke cpu secara hardware. Kesimpulannya adalah masing2 proses antara northbridge dan southbridge dapat berjalan dengan baik sehinga komputer dapat dengan cepat mengolah prosesnya

. 2. I/O techniques yang lebih baik.
Perlu diketahui, teknik I/O  Adalah interface atau central switch untuk mengendalikan satu atau lebih peripheral atau perangkat input output.
Contohnya tekhnik O/P:
tTekhnik I/O terprogram,
tTekhnik I/O interrupt -driven,
tTekhnik I/O DMA,
tTekhnik I/O –IOPC.
dari sekian banyak tekhnik yang ada, dapat dikatakan tehnik I/O –IOPC lah yang terbaik karena Kemampuan modul I/O ditingkatkan jadi prosesor, dan tidak tergantung dengan CPU, Modul I/O memiliki memori lokal. karena modul I/O lah yg bertugas mengecek  kapan kira-kira prosessor sedang  bekerja tau tidak, sehingga kerja dari  cpu tidak tebebani untuk mengontrol kapan proses input maupun out.
 
3. Beberapa karakteristik dari memory adalah adalah satuan transfer, perfomance (Acces Time, Cycle Time, Transfer Rate). Penjelasannya adalah :
*. Satuan transfer
Satuan transfer sama dengan jumlah saluran data yang masuk ke dan keluar dari modul memori. Tiga konsep dalam satuan transfer:
• Word. Ukuran word biasanya sama dengan
jumlah bit yang digunakan untuk representasi
bilangan dan panjang instruksi.
• Addressable Units. Pada sejumlah sistem,
Addressable Unit adalah word. Hubungan
antara panjang A suatu alamat dan jumlah N
addressable unit adalah 2 A = N
• Unit of Transfer. Adalah jumlah bit yang dibaca
atau yang dituliskan ke dalam memori pada
-          suatu saat.
*. Performance (Kinerja).
Pada memori utama, terdapat tiga buah parameter
unjuk kerja:
• Access Time. Bagi RAM, access time
merupakan waktu yang dibutuhkan untuk
melakukan operasi baca atau tulis. Bagi non
RAM, access time adalah waktu yang
dibutuhkan untuk melakukan mekanisme baca
tulis pada lokasi tertentu.
• Memory Cycle Time. Terdiri dari access time
ditambah dengan waktu tambahan yang
diperlukan transient agar hilang pada saluran
signal atau untuk menghasilkan kembali data
bila data ini dibaca secara destruktif.
• Transfer Rate. Transfer rate adalah kecepatan
data agar dapat ditransfer ke unit memori atau
ditransfer dari unit memori.
 
4. Argumen mengenai sistem komputer harus memiliki register dan chace memory :
  1. Register, digunakan untuk menyimpan instruksi dan data yang sedang diproses. Register adalah simpanan kecil yang berkecepatan tinggi, lebih cepat 5-10 kali kecepatan perekaman atau pengambilan data di main memory, fungsi dari Register adalah menyimpan instruksi dan data yang sedang diproses oleh CPU, sedang instruksi-instruksi dan data lainnya yang menunggu giliran untuk diproses masih disimpan di main memory. Tanpa register, Walaupun CPU berkapasitas besar,  tetapi dalam hal kecepatan cpu sangatlah rendah di banding dengan register. tentu main memory tidak dapat melayani proses akses data ke cpu,jadi register sangatlah berperan penting karena dapat mengimbangi kecepatan dari cpu walau kapasitasnya sangat kecil oleh karena itu di perlukan memory tambahan yaitu cache memory. 
  2. Cache memory: Tanpa Chace Memory, CPU akan menunggu sampai data atau instruksi diterima dari main memory atau menunggu hasil pengolahan selesai dikirim ke main memory baru proses selanjutnya bisa dilakukan. Proses dari main memory lebih lambat dari register sehingga banyak waktu terbuang , oleh karena itu peran cache memory sangatlah penting mengingat sebagai pembantu proseskerja dari register sehingga cpu dapat bekerja dengan cepat dan maksimal
  • 5. Argumen mengenai optimalisasi memory.
  • Dulu, sebelum belajar mengenai komputer di kampus, sya pernah mengalami kekurangan memory. dengan menambah memory (RAM) di komputer PC. saat agak lama terpakai, komputer menjadi sangat lamban. waktu itu, saya kira terkena virus.. jadi saya bawa PC nya ke teknisi. setelah di chek, sya diberitahu bahwa kapasitas RAM nya sudah limit, dan dia menganjurkan untuk menambah RAM baru di slot keduanya. karena  pengetahuan tentang komputer masih minim, jadi yang memasang dan mengatur RAM tersebut teknisinya. saya sendiri mendapat pengetahuan tersebut dari sana. 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | Best Buy Printable Coupons